Loading...

Jumat, 16 September 2011

PEMKAB SIMALUNGUN AKAN BENAHI OBJEK WISATA TINGGI RAJA



Jansen
Bupati Simalungun saat meninjau lokasi wisata air panas Tinggi Raja
SIMALUNGUN (EKSPOSnews): Lokasi  wisata air panas Tinggi Raja, di Nagori Dolok Marawa, Kecamatan Silou Kahean, merupakan salah satu objek pariwisata andalan di wilayah Kabupaten Simalungun. Potensi Rencananya, Pemkab Simalungun akan melakukan pembenahan terhadap objek wisata alam yang masih asri dan cukup menarik tersebut. Pasalnya, potensi alam yang terdapat di objek wisata itu terdapat  air panas, belerang dan panorama alamnya yang sangat asri dan sejuk.

Bupati Simalungun JR Saragih didampingi Ketua Komisi IV DPRD Simalungun, Johalim Purba, Sekertaris Daerah, Ismail Ginting, dan beberapa pimpinan unit kerja melakukan kunjungan kerja ke daerah wisata Tinggi Raja itu, kemarin. Kedatangan rombongan Bupati Simalungun disambut Camat, Muspika dan masyarakat Kecamatan Silou Kahean. Ini ditandai dengan penyematkan seperangkat pakaian adat Simalungun kepada Bupati Simalungun dan Ketua Komisi IV DPRD Simalungun, yang dilakukan tokoh masyarakat setempat.

Dalam kunjungan ke lokasi, wisata air panas Tinggi Raja, Bupati Simalungun melakukan ramah tamah dengan masyarakat  sekitar. JR Saragih juga menyampaikan harapannya kepada masyarakat agar tetap melestarikan seni dan budaya simalungun sebagai tuan rumah di wilayah wisata ini.

Dikatakan, sesuai dengan visi Pemkab Simalungun kedepan, pemerintah akan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang diwujudkan melalui pembangunan insfrastruktur jalan, seperti akses jalan menuju objek wisata  Tinggi Raja. Seperti kondisi Jembatan Bah Polung sebagai salah satu sarana penghubung utama menuju objek wisata Tinggi Raja yang kondisinya memprihatinkan. Dimana tahun ini proses tendernya sedang dilakuakan dan untuk biayanya akan ditampung pada APBD 2012.

Bupati juga menyampaikan, Pemkab Simalungun juga akan melakukan kegiatan pelebaran jalan seluas 8 meter x 8.000 meter, dan pengaspalannya menuju objek wisata air panas Tinggi Raja. Sehingga diharapkan pada masyarakat tidak mengharapkan ganti rugi jika lahannya terkena untuk pembangunan jaln ini. JR Saragih menambahkan, pemkab juga akan menganggarkan dana untuk mengelola wisata Tinggi Raja, yang diperkirakan mencapai sebesar 10 miliar, sehingga lokasinya dapat tertata dengan baik.

Dalam kesempatan itu, rombongan Bupati Simalungun melakukan penanaman bibit pohon penghijauan disekitar lokasi objek wisata Tinggi Raja. Hal ini bertujuan agar cagar alam yang ada di lokasi wisata itu tetap terjaga dengan baik. Bupati berharap masyarakat dapat merawat dan menjaga potensi alam di Kecmatan Silou Kahean. Sebelumnya Bupati juga menyerahkan bantuan bibit pohon penghijauan bantuan dari Dinas Kehutanan Kabupaten Simalungun.kepada masyarakat untuk ditanam dilingkungan masing-masing sebagai wujud kepedulian terhadap pelestarian lingkungan. (js)

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  2. Membangun infrastruktur merupakan hal yg sangat penting, namun yg tdk kalah penting adalah membangun sikap mental masyarakat agar sadar wisata. Perlu ada pencerahan kepada masyarakat agar senantiasa menciptakan rasa aman dan nyaman bagi tamunya (turis). Dalam hal inilah kekuatan pariwisata di Bali selain keindahan alamnya.

    BalasHapus